Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Cerpen Di Atas Sajadah Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy.

Collection Location Perpustakaan STAI Tasikmalaya Contact Detail
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) KARTIKA CHANDRA NURYANTI
Subject(s)
Classification skripsi PAI
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher STAI
Publishing Year 2010
Publishing Place Tasikmalaya
Collation
Abstract/Notes ABSTRAK

Kartika Chandra Nuryanti “Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Cerpen Di
NIM : 06.0104.058 Atas Sajadah Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy”

Terdapat beberapa cerpen yang penyajiannya cukup menarik. Salah satunya adalah Di Atas Sajadah Cinta karya Habiburrahman El Shirazy. Cerpen ini secara umum menggambarkan perjuangan lahir dan batin seorang gadis dan pemuda untuk mendapatkan cinta sejati yang diridoi Allah. Saat ini salah satu cerpen yang menarik dan menjadi pembicaraan dalam berbagai obrolan ringan, diskusi kamar dan forum ilmiah lainnya adalah Di Atas Sajadah Cinta yang ditulis oleh Habiburrahman El Shirazy. Dalam pengantarnya penulis menyebutkan, buku ini hanya memuat cerita-cerita teladan Islami yang dikumpulkan dari sana-sini. Ini mengisyaratkan bahwa Cerpen Di Atas Sajadah Cinta karya Habiburrahman El Shirazy mengandung teladan, pelajaran, contoh yang memuat nilai-nilai Islami. Dengan demikian dalam Cerpen tersebut banyak disajikan baik secara tersurat dan tersirat tentang nilai-nilai pendidikan Islam.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui latar belakang penulisan cerpen Di Atas Sajadah Cinta karya Habiburrahman El Shirazy, untuk mengetahui unsur intrinsik yang terdapat dalam cerpen Di Atas Sajadah Cinta, dan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam cerpen Di Atas Sajadah.
Penelitian ini menggunakan metode library research (studi kepustakaan), yaitu penelitian kepustakaan untuk mengungkapkan berbagai informasi kualitatif dengan pendeskripsian yang teliti dan penuh nuansa untuk menggambarkan secara cermat suatu hal, fenomena, dan tidak terbatas pada pengumplan data, melainkan meliputi analisis dan intepretasi. Data primernya adalah cerpen Di Atas Sajadah Cinta karya Habiburrahman El Shirazy terbitan Republika tahun 2006. Data primer dibaca dan difahami dengan mengedepankan pemikiran kritis serta pendekatan hermeneutik analitik.
Berdasarkan hasil kajian bahwa : Latar belakang penulisan cerpen Di Atas Sajadah Cinta karya Habiburrahman El Shirazy yaitu mengumpulkan kisah-kisah hikmah para sahabat dan ulama salafatussalih.
Nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam cerpen Di Atas Sajadah Cinta karya Habiburrahman El Shirazy meliputi pemahaman tentang zuhud, takut akan adzab, kepedulian terhadap lingkungan masyarakat/ berjiwa sosial dan keikhlasan dalam menjalankan semua kebajikan yang dilakukannya baik hubungan dengan Allah maupun dengan sesama manusia. Unsur intrinsik yang terdapat dalam cerpen Di Atas Sajadah Cinta karya Habiburrahman El Shirazy meliputi unsur hidayah, takut kepada azab, keikhlasan dan unsur ketakwaan.
Cerpen Di Atas Sajadah Cinta karya Habiburrahman El Shirazy sebaiknya dijadikan perumpamaan bagi pendidik dan peserta didik dalam menjalani kehidupannya berpedoman pada Al-Quran, mencontoh Rasulullah dengan menepati janji, takut akan adzab, berjiwa sosial, dan ikhlas dalam beramal.
Specific Detail Info
Image
Download PDF
atau gunakan fasilitas google search dengan memasukan kata kunci
Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Cerpen Di Atas Sajadah Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy. ; filetype:pdf
  Back To Previous