Penerapan Sistem Informasi Pendapatan Jasa Dalam Kaitannya Dengan Penerimaan Piutang Usaha Pada PT. Cipta BinaParama Jakarta

Collection Location Perpustakaan STIE Kesatuan Bogor Contact Detail
Edition
Call Number 5210011
ISBN/ISSN
Author(s) Heidy Febriany
Subject(s) Akuntansi
Classification 657
Series Title
GMD
Language Indonesia
Publisher STIE Kesatuan Bogor
Publishing Year 2009
Publishing Place Bogor
Collation
Abstract/Notes Nama : HEIDY FEBRIANY, NRP : 05210011, Judul : Penerapan Sistem Informasi Pendapatan Jasa dalam Kaitannya dengan Penerimaan Piutang pada PT C. Dibawah bimbingan MUANAS.


Pada dasarnya, tujuan utama didirikannya perusahaan adalah untuk mencari keuntungan. Dengan keuntungan tersebut, perusahaan dapat mengembangkan dan mempertahankan kelangsungan hidupnya. Untuk mencapai tujuan perusahaan, pemimpin perusahaan membutuhkan alat dalam mengendalikan perusahaannya. Salah satu dari alat tersebut adalah Sistem Informasi yang fungsinya diharapkan dapat membantu kelancaran aktivitas perusahaan dalam periode terkait. Dalam hal ini, sistem informasi pendapatan jasa yang berkaitan dengan piutang usaha. Sistem informasi pendapatan jasa tersebut diharapkan dapat membantu manajemen dalam pencapaian tujuan perusahaan.

Bagi suatu kegiatan perusahaan jasa, dagang, maupun manufaktur, sistem informasi pendapatan jasa yang berkaitan dengan piutang adalah sangat penting karena dari sistem tersebut dapat diketahui baik buruknya pelaksanaan kegiatan usaha PT C, apakah telah pelaksanaannya telah mengikuti prosedur yang berlaku atau tidak.

Objek penelitian yang dipilih penulis untuk dapat melakukan penelitian adalah perusahaan jasa PT C yang bergerak dalam bidang penyelenggaraan pendidikan. Perusahaan ini berdiri tahun 2007 dan berlokasi di daerah Semanggi, Karet Kuningan, Jakarta Selatan.

PT C masih dikatakan baru dalam memulai usahanya. Untuk itu sistem informasi yang dijalankanpun masih belum optimal. Khususnya sistem informasi pendapatan usaha yang berkaitan dengan piutang. Prosedur-prosedur maupun kebijakan-kebijakan yang ada belum dijalankan secara maksimal. Untuk mengantisipasi hal tersebut, diperlukan sistem informasi yang transparan yang dapat memberikan pedoman bagi manajemen dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya masing-masing. Sistem informasi pendapatan jasa khususnya yang berkaitan dengan piutang diperlukan guna memberikan arahan bagi setiap divisi-divisi terkait untuk menjalankan tugas dan tanggungjawabnya sesuai dengan prosedur dan kebijakan yang berlaku. Hal tersebut dimaksudkan untuk membantu perusahaan dalam mencapai tujuan perusahaan yaitu efektifitas dan efisiensi seoptimal mungkin. Juga membantu direksi dalam proses pengambilan keputusan mengenai kinerja perusahaan.




Katakunci : Sistem Informasi Pendapatan Jasa dan Piutang
Specific Detail Info
Image
Download PDF
atau gunakan fasilitas google search dengan memasukan kata kunci
Penerapan Sistem Informasi Pendapatan Jasa Dalam Kaitannya Dengan Penerimaan Piutang Usaha Pada PT. Cipta BinaParama Jakarta ; filetype:pdf
  Back To Previous