Analisis Atas Penbgakuan Pendapatan dan Beban Pada Industri Gonorukem Perum. Perhutani Unit III dan Kesesuainnya Dengan PSAK 32

Collection Location Perpustakaan STIE Kesatuan Bogor Contact Detail
Edition
Call Number 5210021
ISBN/ISSN
Author(s) Dewi Astuti
Subject(s) Akuntansi
Classification 657
Series Title
GMD
Language Indonesia
Publisher STIE Kesatuan Bogor
Publishing Year 2009
Publishing Place Bogor
Collation
Abstract/Notes DEWI ASTUTI. NRP : 05210021. Analisis atas Pengakuan Pendapatan dan Beban pada Industri Gondorukem Perum Perhutani Unit III dan Kesesuainnya dengan PSAK 32. Dibawah bimbingan SUTARTI.

Perum Perhutani merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang diberi wewenang sebagai pengelola tunggal hutan di Indonesia Khususnya pulau Jawa yang dibagi menjadi tiga yaitu Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah, Perum Perhutani Unit II Jawa Timur dan Perum Perhutani Unit III Jawa Barat dan Banten dan kantor pusat yang berkedudukan di Jakarta. Industri Gondorukem merupakan salah satu bagian Kesatuan Bisnis Mandiri dari Perum Perhutani.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengakuan pendapatan dan beban perusahaan kehutanan khususnya pada industri gondorukem Perum Perhutani Unit III. Karena Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) telah menyusun Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 32, untuk standar laporan keuangannya maka semua perusahaan kehutanan harus mengacu pada Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan no 32. Analisis tersebut dilakukan untuk mengetahui apakah pengakuan pendapatan dan beban pada industri gondorukem Perum Perhutani Unit III sudah sesuai dengan pengakuan pendapatan dan beban pada PSAK 32 tentang Akuntansi Kehutanan.

Berdasarkan pada hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis pada Industri Gondorukem Perum Perhutani Unit III diperoleh hasil bahwa pengakuan pendapatan dan beban pada Industri Gondorukem Perum Perhutani Unit III menggunakan dasar akrual hal tersebut berarti sesuai dengan PSAK 32 yang menyatakan bahwa pendapatan dan beban harus diakui dengan menggunakan dasar akrual.







Kata Kunci : Pengakuan Pendapatan dan Beban, PSAK 32
Specific Detail Info
Image
Download PDF
atau gunakan fasilitas google search dengan memasukan kata kunci
Analisis Atas Penbgakuan Pendapatan dan Beban Pada Industri Gonorukem Perum. Perhutani Unit III dan Kesesuainnya Dengan PSAK 32 ; filetype:pdf
  Back To Previous