Penerapan Sistem Informasi Berbasis Komputerisasi Dalam Kaitannya Dengan Pencatatan Penjualan dan Penerimaan Kas Pada CV. Indonesia Printing

Collection Location Perpustakaan STIE Kesatuan Bogor Contact Detail
Edition
Call Number 8210073
ISBN/ISSN
Author(s) Mira Ardiyasanti
Subject(s) Akuntansi
Classification 657
Series Title
GMD
Language Indonesia
Publisher STIE Kesatuan Bogor
Publishing Year 2010
Publishing Place Bogor
Collation
Abstract/Notes MIRA ARDIYASANTI.NRP : 08210073. Penerapan Sistem Informasi Berbasis Komputerisasi Microsoft Excel Dalam Kaitannya Dengan Pencatatan Penjualan Dan Penerimaan Kas Pada CV EL IMAN KHASANAH. Dibawah bimbingan MUANAS.

CV El Iman Khasanah merupakan salah satu unit usaha kecil menengah yang sangat membutuhkan pembenahan dari berbagai segi agar dapat berkembang dan bersaing didunia industri kecil dan menengah. Informasi keuangan sangat dibutuhkan oleh beberapa pihak yang mungkin salah satunya merupakan sumber dana untuk operasional perusahaan yaitu investor. Untuk menyajikan informasi keuangan yang layak dan cepat, CV El Iman Khasanah seharusnya segera membenahi proses pencatatan transaksi. Adapun salah satu yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah melakukan penerapan pencatatan secara komputerisasi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperkenalkan sistem informasi komputerisasi microsoft excel dalam kaitannya dengan pencatatan penjualan dan penerimaan kas perusahaan. Microsoft Excel merupakan sebuah aplikasi program spreadsheet yang mempunyai kehandalan pengolahan data, terutama data-data yang berkenaan dalam bentuk angka (kuantitatif). Dengan program ini perusahaan dapat melakukan pencatatan proses akuntansi secara otomatisasi. Mulai dari pencatatan jurnal transaksi sampai dengan neraca lajur dapat dilakukan secara otomatis dengan menggunakan fungsi-fungsi yang telah tersedia pada aplikasi microsoft excel. Penerapan sistem informasi berbasis komputerisasi microsoft excel ini akan memudahkan perusahaan dalam menyusun dan mendapatkan informasi keuangan yang diinginkan. Penerapan sistem informasi komputerisasi ini dapat dilakukan secara bertahap dan dilakukan untuk mengetahui apakah dengan penerapan aplikasi microsoft excel dapat meningkatkan kualitas informasi keuangan. Penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah di CV. El Iman Khasanah yang berlokasi di Bogor. CV. El Iman Khasanah merupakan perusahaan yang bergerak dibidang herbal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pencatatan transaksinya, CV El Iman Khasanah dilakukan secara manualisasi dan masih dalam berbentuk sederhana. Dalam penyediaan informasi mengenai laporan keuangan CV El Iman Khasanah belum mampu menyajikannya secara terperinci dan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku umum di Indonesia. Pencatatan yang dilakukan hanya berupa pencatatan sederhana laporan kas harian dan pencatatan piutang.
Hasil dari penerapan microsoft excel ini menunjukkan bahwa dengan penerapan microsoft excel pada CV. El Iman Khasanah dapat meningkatkan kualitas informasi keuangan. Dengan aplikasi microsoft excel dapat dihasilkan serangkaian laporan keuangan yang dilakukan secara otomatis dan dapat mengurangi adanya human eror.








Kata Kunci : Microsoft Excel, pencatatan penjualan dan penerimaan kas
Specific Detail Info
Image
Download PDF
atau gunakan fasilitas google search dengan memasukan kata kunci
Penerapan Sistem Informasi Berbasis Komputerisasi Dalam Kaitannya Dengan Pencatatan Penjualan dan Penerimaan Kas Pada CV. Indonesia Printing ; filetype:pdf
  Back To Previous