Penerapan Sistem Penjualan Dalam Kaitannya Dengan Penerimaan Kas Pada PT. Bogor Raya Development

Collection Location Perpustakaan STIE Kesatuan Bogor Contact Detail
Edition
Call Number 5210094
ISBN/ISSN
Author(s) Mesy
Subject(s) Akuntansi
Classification 657
Series Title
GMD
Language Indonesia
Publisher STIE Kesatuan Bogor
Publishing Year 2009
Publishing Place Bogor
Collation
Abstract/Notes MESY. NRP. 05210094. Penerapan Sistem Penjualan dalam kaitannya dengan Penerimaan Kas pada PT. Bogor Raya Development. Dibawah bimbingan Bapak Hastoni, Ak., MM dan Bapak Yuswan Farmanta, SE., Ak.
Sistem penjualan merupakan sekumpulan hal atau kegiatan pertukaran barang dan atau jasa yang saling berinteraksi serta saling berhubungan membentuk satu kesatuan terpadu untuk mendapatkan sumber daya lainnya, seperti kas, atau janji untuk membayar kas (piutang).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem penjualan dalam kaitannya dengan penerimaan kas yang telah dijalankan oleh manajemen pada PT. Bogor Raya Development. Penelitian yang dilakukan penulis adalah PT. Bogor Raya Development yang berlokasi di Desa Sukaraja, Kecamatan Bogor Timur 16710 Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat-Indonesia. PT. Bogor Raya Development adalah perusahaan yang bergerak di bidang property, sport club, golf club dan event organizer serta hotel & resort yang pertama kali didirikan oleh PT. Cipta Global Mandiri dengan nama PT. Asia Pacific Permai. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah metode penelitian studi deskriptif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen melaksanakan kegiatan penjualan berdasarkan kebiasaan yang berlaku dikarenakan sistem prosedur yang dimiliki oleh perusaan belum diperbaharui sehingga tidak dapat mengakomodir proses bisnis perusahaan yang telah berkembang pesat. Hal ini dapat menyulitkan pengukuran efektifitas pengendalian intern perusahaan. Selain itu, sistem yang telah dijalankan oleh perusahaan kurang sesuai dengan teori yang telah diuraikan oleh penulis pada bab II skripsi ini.
Hasil wawancara dan evaluasi terhadap PT. Bogor Raya Development ini menunjukan bahwa PT. Bogor Raya Development memiliki kelebihan dalam segi pelaporan yang tepat waktu dan tidak adanya mekanisme penerimaan kas di luar jam kerja kasir proshop. Sedangkan kekurangan yang dimiliki oleh PT. Bogor Raya Development adalah perusahaan tidak melakukan pembaharuan sistem operasi prosedur, bagtag yang hanya ditulis
Specific Detail Info
Image
Download PDF
atau gunakan fasilitas google search dengan memasukan kata kunci
Penerapan Sistem Penjualan Dalam Kaitannya Dengan Penerimaan Kas Pada PT. Bogor Raya Development ; filetype:pdf
  Back To Previous