Penerapan Sistem Akuntansi Microsoft Exel Dalam Kaitannya Dengan Penyusunan Laporan Keuangan Pada Perusahaan Hosana

Collection Location Perpustakaan STIE Kesatuan Bogor Contact Detail
Edition
Call Number 06210063
ISBN/ISSN
Author(s) Vina
Subject(s) Akuntansi
Classification 657
Series Title
GMD Skripsi
Language Indonesia
Publisher STIE Kesatuan Bogor
Publishing Year 2010
Publishing Place Bogor
Collation
Abstract/Notes VINA. NRP: 06210063. Judul: Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Microsoft Excel dalam Kaitannya Dengan Penyusunan Laporan Keuangan pada Perusahaan hosanna. Dibawah bimbingan
Laporan keuangan merupakan hasil akhir dari penerapan suatu sistem informasi akuntansi. Oleh karena itu, untuk menghasilkan laporan keuangan yang baik diperlukan suatu sistem informasi yang baik pula. Dengan adanya sistem informasi akuntansi secara terkomputerisasi diharapkan sistem informasi akuntansi akan berjalan lebih baik dan laporan keuangan yang dihasilkan menjadi lebih lengkap dan akurat.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem akuntansi yang telah ada sebelumnya pada Perusahaan Hosana. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menerapkan sistem informasi akuntansi secara terkomputerisasi dengan Microsoft Excel. Penerapan ini diharapkan dapat membantu perusahaan dalam membuat laporan keuangan.
Objek penelitian yang dipilih penulis untuk melakukan penelitian adalah Perusahaan Hosana yang merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang distribusi makanan ringan/snack.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi akuntansi yang ada sebelumnya pada perusahaan, yaitu sistem administrasi manual. Adapun kelemahan dari sistem secara manual adalah proses pengolahan data lambat, sehingga membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Informasi yang dihasilkan belum tentu akurat karena dikerjakan oleh manusia, sehingga resiko terjadi kesalahan cukup tinggi. Selain itu juga bukti-bukti transaksi tersebut tidak disimpan dengan baik. Fakta yang paling penting adalah bahwa selama ini perusahaan sama sekali tidak memiliki laporan keuangan sehingga pemilik tidak mengetahui kinerja perusahaannya selama ini. Dengan adanya penerapan Microsoft Excel dalam sistem informasi akuntansinya, pencatatan transaksi menjadi lebih mudah dan cepat. Laporan keuangan dapat dilihat kapan saja kita inginkan. Selain itu juga, laporan keuangan yang dihasilkan menjadi lebih lengkap dan akurat.

Kata Kunci: Sistem Informasi Akuntansi, Microsoft Excel, Laporan Keuangan.
Specific Detail Info
Image
Download PDF
atau gunakan fasilitas google search dengan memasukan kata kunci
Penerapan Sistem Akuntansi Microsoft Exel Dalam Kaitannya Dengan Penyusunan Laporan Keuangan Pada Perusahaan Hosana ; filetype:pdf
  Back To Previous