Evaluasi Penerapan Modul Inventory Dalam Kaitannya Dengan Penyajian Laporan Persediaan Bahan Baku (Studi Kasus Pada PT. Capsugel Indonesia)

Collection Location Perpustakaan STIE Kesatuan Bogor Contact Detail
Edition
Call Number 07210074
ISBN/ISSN
Author(s) Kho Viminyaty
Subject(s) Akuntansi
Classification 657
Series Title
GMD
Language
Publisher
Publishing Year 2010
Publishing Place
Collation
Abstract/Notes KHO VIMINYATY. NRP : 07210074. Evaluasi Penerapan Modul Inventori dalam Kaitannya dengan Laporan Persediaan Bahan Baku. Studi kasus pada PT. Capsugel Indonesia. Dibawah bimbingan Bapak IRIYADI.

Persediaan merupakan elemen utama modal kerja untuk kelancaran usaha dan bisnis sehingga sangat menentukan keberhasilan perusahaan. Oleh karena persediaan memiliki nilai yang cukup besar, manajemen persediaan yang baik menjadi perhatian utama perusahaan, baik dalam hal keakuratan sistem administratif maupun dalam manajemen pengadaanya.

Manajemen persediaan secara administratif berupa catatan-catatan dan laporan-laporan, yang dapat dilakukan secara manual dan sederhana atau komputerasi sederhana seperti Excel. Tetapi tidak sedikit saat ini pencatatan persediaan dilakukan dengan program yang lebih canggih dan terintegrasi melalui infrastruktur ERP (Enterprise Resources Planning) dengan modul inventorinya yang dapat memfasilitasi perusahaan dalam operasional bisnisnya, terutama yang berkaitan dengan status persediaan, baik bahan baku, barang dalam proses maupun barang jadi. Manajemen persediaan yang baik dapat menjamin keberhasilan kegiatan operasional perusahaan. Jika perusahaan tidak memiliki informasi persediaan yang akurat dan real time, akan beresiko dimana perusahaan pada suatu waktu tidak dapat memenuhi permintaan pelanggan.

Mengingat pentingnya manajemen persediaan terhadap aktifitas operasional perusahaan, maka penulis melakukan penelitian mengenai bagaimana penerapan modul inventori, bagaimana penyajian laporan persediaan bahan baku dan sejauh mana pengaruh evaluasi penerapan modul inventori dalam kaitannya dengan penyajian laporan persediaan bahan baku pada PT. Capsugel Indonesia.

Laporan bahan baku yang mencakup saldo awal bahan baku, penerimaan bahan baku, pengeluaran bahan baku, pemakaian bahan baku dan saldo akhir bahan baku sangat diperlukan dalam pengambilan keputusan yang berkaitan dengan analisa pembelian, waktu yang tepat untuk pembelian dan pengiriman, agar selain persediaan mencukupi kebutuhan juga sesuai dengan kapasitas gudang yang tersedia. Sehingga pengaturan persediaan bahan baku yang baik akan sejalan dengan tujuan utama perusahaan untuk pencapaian laba dalam hal biaya pembelian, penyimpanan, resiko pemenuhan pesanan pelanggan dan alur kas perusahaan yang lebih baik.

Penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah di bagian Purchasing, Warehouse, Quality Assurance, Production dan Finance & Accounting di PT. Capsugel Indonesia yang berlokasi di Jl. Raya Bogor Km. 42, Cibinong. Penelitian dilakukan pada bulan April 2010 sampai dengan Juni 2010.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Capsugel Indonesia menerapkan sistem ERP (Enterprise Resources Planning) Microsoft Dynamics AX mulai dari pembelian, penerimaan, pemberian status hasil pemeriksaan, pengeluaran bahan baku. Pencatatan persediaan bahan baku dilakukan dengan cara manual dan penarikan data dari modul inventory management secara sistem.

Hasil evaluasi atas penerapan modul inventori dalam kaitannya dengan laporan persediaan bahan baku pada PT. Capsugel Indonesia adalah modul inventori yang tersedia sudah maksimal dan dapat menyediakan laporan atas informasi persediaan yang sudah ada, namun disarankan agar penggunaan laporan secara sistem dapat disederhanakan agar lebih mudah dimengerti.

Keyword : Modul Inventori, Laporan Persediaan Bahan Baku
Specific Detail Info
Image
Download PDF
atau gunakan fasilitas google search dengan memasukan kata kunci
Evaluasi Penerapan Modul Inventory Dalam Kaitannya Dengan Penyajian Laporan Persediaan Bahan Baku (Studi Kasus Pada PT. Capsugel Indonesia) ; filetype:pdf
  Back To Previous