Analisis Biaya Relevan Dalam Menentukan Pengambilan Keputusan Untuk Menerima Atau Menolak Pesanan Khusus Pada UD. Sejati Mulia di Surabaya

Collection Location Perpustakaan STIE Kesatuan Bogor Contact Detail
Edition
Call Number 5210062
ISBN/ISSN
Author(s) Irfan Yusfiana
Subject(s) Akuntansi
Classification 657
Series Title
GMD
Language Indonesia
Publisher STIE Kesatuan Bogor
Publishing Year 2009
Publishing Place Bogor
Collation
Abstract/Notes IRFAN YUSFIANA. NRP : 05210062. Analisis Biaya Relevan Dalam Menentukan Pengambilan Keputusan Menerima atau Menolak Pesanan Khusus pada UD. Sejati Mulia di Surabaya. Dibawah bimbingan Edison Drs.MBA.


Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah informasi biaya yang relevan dengan pengambilan keputusan untuk menerima atau menolak pesanan khusus. Biaya yang relevan adalah biaya masa depan yang mempengaruhi pengambilan keputusan. Informasi biaya yang relevan dalam pengambilan keputusan atas pesanan khusus didasarkan pada analisis biaya perilaku.

Objek dari penelitian ini adalah UD. Sejati Mulia di Surabaya yang belum menerapkan metode analisis biaya relevan untuk pengambilan keputusan dalam menentukan menerima atau menolak pesanan khusu. Informasi yang digunakan adalah biaya-biaya yang terjadi pada tahun 2004-2006. Analisis perilaku biaya digunakan untuk mengklasifikasikan biaya-biaya menjadi biaya tetap, biaya semivariabel, dan biaya variabel. Pemisahan biaya semivariabel ke dalam unsur tetap dan unsur variabel menggunakan metode last squqre.

Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif dimana menggambarkan keadaan perusahaan itu sendiri yang dikomparasikan dengan lingkungan eksternal. Data yang digunakan diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi.

Analisis biaya relevan digunakan untuk memisahkan biaya variabel, biaya tetap dan biaya semivariabel yang relevan untuk pengambilan keputusan menerima atau menolak pesanan khusus karena tidak semua biaya dapat dikategorikan sebagai biaya yang relevan. Keputusan menerima atau menolak pesanan khusus sebaiknya juga memperhatikan faktor eksternal seperti daerah pemasaran untuk pesanan khusus harus berbeda dari pesanan reguler. Selain itu dampak dari pemberian merk itu sendiri oleh distributor juga harus diperhatikan.

Hasil dari penelitian diperoleh bahwa jika perusahaan menerima pesanan khusus maka selain dapat memanfaatkan kapasitas yang menganggur, perusahaan juga memperoleh tambahan keuntungan sebesar RP 8.805.573,70 untuk special order tepung beras dan Rp 4.030.764,93 untuk special order tepung bumbu.
Specific Detail Info
Image
Download PDF
atau gunakan fasilitas google search dengan memasukan kata kunci
Analisis Biaya Relevan Dalam Menentukan Pengambilan Keputusan Untuk Menerima Atau Menolak Pesanan Khusus Pada UD. Sejati Mulia di Surabaya ; filetype:pdf
  Back To Previous