Penerapan Pengendalian Intern Pendapatan Jasa Pengeboran Dan Peledakan Batubara Dalam Kaitannya Dengan Penerimaan Kas Studi Kasus Penerapan Aktivitas Pengendalian Pada Pt. K Indonesia

Collection Location Perpustakaan STIE Kesatuan Bogor Contact Detail
Edition
Call Number 06210036
ISBN/ISSN
Author(s) Kristin
Subject(s) Akuntansi
Classification 657
Series Title
GMD
Language
Publisher
Publishing Year 2010
Publishing Place
Collation
Abstract/Notes KRISTIN. NRP : 06210036. Penerapan Pengendalian Intern Pendapatan Jasa Pengeboran dan Peledakan Batubara Dalam Kaitannya Dengan Penerimaan Kas. Studi Kasus pada PT. K Indonesia. Di bawah bimbingan MUANAS.

Pengendalian intern mencakup lingkup kegiatan yang luas, seperti memelihara kuantitas jasa, pemakaian barang dalam produksi dan administrasi, dan penerimaan kas atas piutang tepat pada waktu jatuh temponya. Pengendalian intern yang baik merupakan kunci bagi organisasi yang efektif. Seperti diketahui, guna meningkatkan pendapatannya banyak perusahaan melakukan penjualan secara kredit. Dengan menerapkan pengendalian intern yang baik, pengelolaan piutang yang berasal penjualan secara kredit dapat berjalan dengan efektif. Perusahaan pun dapat memperoleh jaminan bahwa piutang dapat tertagih dan diterima tepat pada waktunya, kecurangan/penyelewengan dapat dihindari, serta kegiatan operasional dapat menjadi lebih baik.

Pendapatan jasa drilling (pengeboran) batubara merupakan pendapatan jasa atas kegiatan pengeboran tanah yang dilakukan untuk menemukan batubara. Sedangkan pendapatan jasa drilling dan blasting (pengeboran dan peledakan) batubara merupakan pendapatan jasa atas kegiatan pengeboran dan peledakan untuk menemukan batubara.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi sistem pendapatan jasa peledakan dan pengeboran batubara dalam kaitannya dengan piutang usaha dan penerimaan kas. Metode penelitian dilakukan dengan metode analisis deskriptif kualitatif komparatif Penelitian yang dilakukan penulis adalah di PT. K Indonesia yang berlokasi di Sentul City, Bogor. PT. K Indonesia adalah perusahaan penyedia jasa pengeboran ataupun peledakan batubara.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengendalian intern terhadap sistem pendapatan jasa dalam kaitannya dengan penerimaan kas pada PT. K Indonesia belum cukup baik. Hal ini ditunjukkan dengan masih adanya beberapa hal yang tidak diterapkan pada PT. K Indonesia, yaitu tidak adanya surat penugasan tertulis dari konsultan terkait dengan survey lapangan yang akan dilakukan, tidak adanya kontrak tambahan terkait dengan deal-deal di luar kontrak sehingga kontrak bisnis tidak dapat dijadikan pedoman penagihan sepenuhnya, masih lambatnya penerimaan BAP, BVR, dan Performance Alat Bor sehingga penerbitan invoice dan penerimaan kas menjadi lambat serta terjadinya pemborosan bukti penerimaan kas dikarenakan 2 rangkapnya disimpan di departemen yang sama yakni kasir. Oleh karena hal ini diharapkan saran-saran yang diberikan penulis dapat memberikan solusi atas permasalahan ini.


Keyword : Sistem penjualan jasa, penerimaan kas, dan pengendalian intern.
Specific Detail Info
Image
Download PDF
atau gunakan fasilitas google search dengan memasukan kata kunci
Penerapan Pengendalian Intern Pendapatan Jasa Pengeboran Dan Peledakan Batubara Dalam Kaitannya Dengan Penerimaan Kas Studi Kasus Penerapan Aktivitas Pengendalian Pada Pt. K Indonesia ; filetype:pdf
  Back To Previous