Penerapan Sistem Akuntansi Berbasis Komputer Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelaporan Keuangan pada Toko Subur Makmur

Collection Location Perpustakaan STIE Kesatuan Bogor Contact Detail
Edition
Call Number 5210039
ISBN/ISSN
Author(s) Intan Ignatia
Subject(s) Akuntansi
Classification 657
Series Title
GMD
Language Indonesia
Publisher STIE Kesatuan Bogor
Publishing Year 2009
Publishing Place Bogor
Collation
Abstract/Notes INTAN IGNATIA, NRP : 05210039, Judul : Penerapan Sistem Akuntansi Berbasis Komputer dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelaporan Keuangan pada Toko Subur Makmur. Dibawah bimbingan IRIYADI dan ROBERT PIUS PARDEDE.

Tujuan utama didirikannya perusahaan adalah untuk mencari keuntungan. Dengan keuntungan yang diperoleh, perusahaan dapat dikembangkan dan dipertahankan kelangsungan hidupnya. Untuk mencapai tujuan perusahaan, pemimpin perusahaan membutuhkan sarana dalam mengendalikan perusahaannya. Salah satu dari sarana tersebut adalah Laporan Keuangan yang fungsinya diharapkan dapat menyajikan keadaan perusahaan dalam periode terkait. Laporan keuangan tersebut diharapkan dapat membantu proses kelancaran aktivitas perusahaan bagi manajemen dalam pengambilan keputusan.
Bagi suatu kegiatan perusahaan dagang adalah sangat penting karena dari laporan keuangan tersebut dapat diperoleh kekayaan riil yang dimiliki perusahaan terkait.
Objek penelitian yang dipilih penulis dapat melakukan penelitian adalah toko Subur Makmur yang bergerak dalam bidang pangan. Toko ini berdiri tahun 1996 dan berlokasi di Jln. Dewi Sartika Blok B no. 12 Ruko Sentral Pasar Anyar.
Toko Subur Makmur sebagian besar proses pencatatan transaksi masih dilakukan secara manual. Adapun kelemahan dari sistem secara manual adalah proses pengolahan data lambat, sehingga membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Informasi yang dihasilkan belum tentu akurat karena dikerjakan oleh manusia, sehingga resiko terjadi kesalahan cukup tinggi. Untuk mengantisipasi masalah-masalah tersebut, maka diperlukan komputer sebagai alat bantu di bagian akuntansi. Proses pembuatan laporan keuangan jika menggunakan Microsoft Excel adalah membuat kolom untuk masing-masing transaksi misalnya jurnal umum, buku besar, jurnal penyesuaian, neraca lajur, laporan keuangan. Setelah membuat kolom, langkah selanjutnya adalah memasukkan data yang diperoleh ke dalam jurnal umum, setelah data dimasukkan maka buku besar dan neraca akan terisi secara otomatis. Adapun kelebihan jika menggunakan komputer adalah proses pengolahan data lebih cepat, informasi yang dihasilkan lebih akurat, efektif, dan efisien pengerjaannya.






Katakunci : Laporan Keuangan, Sistem Akuntansi, dan Microsoft Excel.
Specific Detail Info
Image
Download PDF
atau gunakan fasilitas google search dengan memasukan kata kunci
Penerapan Sistem Akuntansi Berbasis Komputer Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelaporan Keuangan pada Toko Subur Makmur ; filetype:pdf
  Back To Previous