Evaluasi Penyajian Laporan Keuangan Dalam Kaitannya Dengan Penerapan PSAK No. 27

Collection Location Perpustakaan STIE Kesatuan Bogor Contact Detail
Edition
Call Number 7210082
ISBN/ISSN
Author(s) Ina Kurniasih
Subject(s) Akuntansi
Classification 657
Series Title
GMD
Language Indonesia
Publisher STIE Kesatuan Bogor
Publishing Year 2009
Publishing Place Bogor
Collation
Abstract/Notes INA KURNIASIH. NRP : 07210082. Evaluasi Penyajian Laporan Keuangan dalam Kaitannya dengan Penerapan PSAK No.27. Studi Kasus pada Koperasi Karyawan RS Islam Bogor. Dibawah bimbingan Enjang Tachyan B.


Koperasi memiliki ciri dan karakteristik yang berbeda dengan badan usaha komersial lainnya, maka Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) melalui Standar Akuntansi Keuangan tahun 2004, merasa perlu mengatur secara khusus standar akuntansi koperasi di dalam PSAK No.27 yang membahas segala sesuatu tentang bagaimana seharusnya perlakuan akuntansi terhadap koperasi. PSAK No.27 merupakan suatu acuan bagi perlakuan akuntansi yang mengatur perlakuan akuntansi yang timbul dari hubungan transaksi antara koperasi dengan anggotanya dan transaksi lain yang spesifik serta mengatur mengenai pengakuan, pengukuran, penyajian dan pengungkapan dalam laporan keuangan dan pengungkapan dalam laporan keuangan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana aktivitas akuntansi pada koperasi dalam penyusunan laporan keuangan dan mengevaluasi apakah dalam penyusunan laporan keuangan tersebut telah menerapkan PSAK No.27 sebagai acuannya., serta untuk mengetahui apakah laporan keuangan yang disajikan tersebut telah sesuai dengan yang tertera dalam PSAK No.27. Penelitian yang dilakukan penulis adalah di Koperasi Karyawan RS Islam Bogor yang berlokasi di Jl. Perdana Raya No.22 Budi agung Bogor. Koperasi Karyawan RS Islam Bogor adalah koperasi konsumen yang anggotanya adalah karyawan RS Islam Bogor dan memiliki unit usaha niaga, simpan pinjam, penjualan pulsa voucher dan sewa kios.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Koperasi Karyawan RS Islam Bogor telah melakukan aktivitas akuntansi yang baik dan sederhana dalam penyusunan laporan keuangan, Namur Belem menerapkan PSAK No.27 dalam penyajian laporan keuangan. Hal ini dapat terlihat dari di buatkannya laporan harian pada masing-masing unit serta laporan keuangan yang disajikan Koperasi Karyawan RS Islam Bogor dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT). Adapun laboran keuangan tersebut terdiri atas Neraca, Laporan Perhitungan Hasil Usaha dan Catatan Atas Laporan Keuangan.

Hasil evaluasi dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Koperasi Karyawan RS Islam Bogor sudah memiliki buku catatan transaksi dan nomor akun dari masing-masing setiap anggota, sehingga setiap partisipasi anggota bisa diketahui dan dihitung berdasarkan buku / nomor akun tersebut guna pembagian Sisa hasil Usaha (SHU) anggota, Namun dalam menyajikan laporan keuangan terutama pada laporan perhitungan hasil usaha tidak dipisahkan antara pendapatan dari partisipasi anggota dan pendapatan non anggota, selain itu Koperasi Karyawan RS Islam Bogor tidak membuat laboran perhitungan hasil usaha yang menggambarkan manfaat-manfaat yang diterima oleh anggota.

Keyword : penyajian laboran keuangan koperasi, penerapan PSAK No.27
Specific Detail Info
Image
Download PDF
atau gunakan fasilitas google search dengan memasukan kata kunci
Evaluasi Penyajian Laporan Keuangan Dalam Kaitannya Dengan Penerapan PSAK No. 27 ; filetype:pdf
  Back To Previous