Peranan Anggaran Proyek Dalam Meningkatkan Laba Kotor

Collection Location Perpustakaan STIE Kesatuan Bogor Contact Detail
Edition
Call Number 5210006
ISBN/ISSN
Author(s) Herdian Santosa
Subject(s) Akuntansi
Classification 657
Series Title
GMD
Language Indonesia
Publisher STIE Kesatuan Bogor
Publishing Year 2009
Publishing Place Bogor
Collation
Abstract/Notes Herdian Santosa. NRP: 05210006. Peranan Anggaran Proyek dalam Meningkatkan Laba Kotor. Studi kasus pada PT Sumber Sejahtera. Dibawah bimbingan Wakhyudi.



Persaingan mengakibatkan setiap perusahaan yang ingin maju di dalam usahanya harus dapat membuat rencana bisnis berupa anggaran. Agar anggaran dapat berperan dengan baik perlu dibuat perencanaan serta pengendalian secara tepat dengan tujuan meningkatkan laba kotor serta meminimalkan biaya yang akan dikeluarkan.

Peranan anggaran sangat dipengaruhi oleh proses penyusunannya. Proses penyusunan anggaran pada PT Sumber Sejahtera mengalami masalah tersendiri seperti, harga dan jenis material yang akan digunakan, faktor eksternal (alam), serta sumber daya manusianya.

Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui penyusunan anggaran proyek, peranan anggaran proyek dalam meningkatkan laba kotor, dan sistem pengendalian biaya yang diterapkan pada PT Sumber Sejahtera.

Untuk mencapai tujuan penelitian yang diharapkan diperlukan suatu prosedur pengumpulan data yang tepat. Untuk memperoleh data tersebut penulis menggunakan prosedur pengumpulan data dengan melakukan wawancara dan observasi.

Penyusunan anggaran proyek PT Sumber Sejahtera didasarkan pada survei lapangan (survei teknis dan survei harga) disertai dengan anggaran yang pernah disusun pada periode atau proyek sejenis sebelumnya.

Dalam Pelaksanaan anggaran terdapat beberapa penyimpangan dari rencana anggaran biaya yang telah dibuat. Penyimpangan tersebut terjadi pada penggunaan material, harga material, dan biaya tenaga kerja harian.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa spare (biaya tak terduga) pada penyusunan rencana anggaran biaya perlu dievaluasi. Dalam pelaksanaan proyek, pengawasan terhadap kinerja pekerja lapangan perlu ditingkatkan. Dengan demikian tingkat kekakuratan rencana anggaran biaya dapat lebih tersaji dengan baik. Sistem pengendalian biaya yang digunakan sudah cukup baik.




Keywords: anggaran proyek, laba kotor
Specific Detail Info
Image
Download PDF
atau gunakan fasilitas google search dengan memasukan kata kunci
Peranan Anggaran Proyek Dalam Meningkatkan Laba Kotor ; filetype:pdf
  Back To Previous