IMPLEMENTASI METODE JIBRIL DALAM PEMBELAJARAN QIRA'AH SAB'AH (Penelitian di Pondok Pesantren Al-Khoeriyah Cibeas Desa Cintaraja Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya)

Collection Location Perpustakaan STAI Tasikmalaya Contact Detail
Edition
Call Number C-78
ISBN/ISSN
Author(s) Bahrul Ulum
Subject(s) SKRIPSI PAI
Classification
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher STAI
Publishing Year 2016
Publishing Place Tasikmalaya
Collation 63 hlm; 29,5 cm
Abstract/Notes Implementasi Metode Jibril dalam Pembelajaran Qira'ah Sab'ah di Pondok Pesantren Al-Khoeriyah Singaparna Kabupaten Tasikmalaya.
Penelitian ini bertolak dari Fenomena yang muncul di Masyarakat, dimana kajian Qira'ah Sab'ah banyak di ajarkan di Pondok Pesantren. Akan tetapi, tidak seluruh pondok pesantren mengajarkan materi qira'ah sab'ah hanya sebagian kecil yang mengajarkannya, diantarnya Pondok Pesantren Al-Khoeriyah Singaparna. Namun dalam dunia proses belajar mengajar (PBM), sebuah proses belajar mengajar bisa dikatakan tidak berhasil bila dalam proses tersebut tidak menggunakan metode. Untuk itu Penulis tertarik meneliti Bagaimana Implementasi Metode Jibril dalam Pembelajaran Qira'ah Sab'ah di Pondok Pesantren Al-Khoeriyah.
Untuk membatasi masalah-masalahnya, penulis merumuskan sebagai berikut: Bagaimana Prosedur Pelaksanaan Metode Jibril dalam Pembelajaran Qira'ah Sab'ah dan apa faktor pendukung dan penghambat Penerapan Metode Jibril dalam Pembelajaran Qira'ah Sab'ah dan faktor pendukung juga penghambat Penerapan Metode Jibril dalam Pembelajaran Qira'ah Sab'ah di Pondok Pesantren Al-Khoeriyah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Studi kasus, pendekatan Kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi kepustakaan dengan Analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelaksanaan Proses pelaksanaan Metode Jibril dalam Pembelajaran Qira'ah Sab'ah di Pondok Pesantren Al-Khoeriyah melalui tiga tahapan, Tahap pertama adalah persiapan. Di mana pada tahap ini, para santri sebelum mengikuti pembelajaran, mereka menyiapkan Al-Qur'an beserta alat tulis, kemudian membaca do'a sebelum belajar. Tahap kedua adalah pelaksanaan. di mana para santri, menyimak bacaan guru atau ustadz, menandai dan menghafal kalimat-kalimat yang di baca berbeda dengan Rosm Ustmani. Tahap ketiga adalah penutupan dimana para santri membaca do'a selesai belajar dipimpin oleh ustadz. Adapun faktor pendukung adalah materi Qira'ah Sab'ah diajarkan secara jama' sughra, sehingga santri mudah untuk mengigat materi. Adapun faktor penghambatnya mencakup waktu yang singkat sehingga pemahaman santri kurang maksimal, dan juga tidak adanya evaluasi khusus untuk mengetahui perkembangan tingkat pengetahuan santri.
Specific Detail Info
Image
Download PDF
atau gunakan fasilitas google search dengan memasukan kata kunci
IMPLEMENTASI METODE JIBRIL DALAM PEMBELAJARAN QIRA'AH SAB'AH (Penelitian di Pondok Pesantren Al-Khoeriyah Cibeas Desa Cintaraja Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya) ; filetype:pdf
  Back To Previous