PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADIST

Collection Location Perpustakaan STAI Tasikmalaya Contact Detail
Edition
Call Number C-342
ISBN/ISSN
Author(s) AI FAOZIAH HASANAH
Subject(s)
Classification
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher STAI Tasikmalaya
Publishing Year 2016
Publishing Place Tasikmalaya
Collation
Abstract/Notes Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemikiran yang menyatakan bahwa secara factual guru-guru belum melaksanakan cara belajar siswa aktif serta kurang dikembangkannya pendekatan pembelajaran pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadist. Penerapan pendekatan saintifik diharapkan dapat menjadikan siswa yang produktif, efektif, inovatif, dan kreatif sehingga siswa dapat lebih aktif didalam kelas.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana penerapan pendekatan saintifik dalam mata pelajaran Al-Qur'an Hadist di kelas X IPS Madrasah Aliyah Nahdatul U'lama Kota Tasikmalaya? Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadist di kelas X IPS Madrasah Aliyah Nahdatul U'lama Kota Tasikmalaya setelah adanya penerapan pendekatan saintifik? Bagaimana pengaruh penerapan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar sisw kelas X IPS Madrasah Aliyah Nahdatul U'lama Kota Tasikmalaya?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran Al-Qur'an Hadist di kelas X IPS Madrasah Aliyah Nahdatul U'lama Kota Tasikmalaya, untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X IPS Madrasah Aliyah Nahdatul U'lama Kota Tasikmalaya, untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik padamata pelajaran Al-Qur'an Hadist terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS Madrasah Aliyah Nahdatul U'lama Kota Tasikmalaya.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, wawancara, dan penyebaran angket dan tes. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS Madrasah Aliyah Nahdatul U'lama Kota Tasikmalaya sebanyak 30 siswa. Teknik pengolahan data yang digunakan yaitu menentukan hasil rata-rata, mengukur normalitas masing-masing variabel, menentukan signifikasi kolerasi, menguji hipotesis.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, menunjukan bahwa penerapan pendekatan saintifik ada pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadist di kelas X IPS Madrasah Aliyah Nahdatul U'lama Kota Tasikmalaya, memiliki kolerasi yang tinggi sekali, karena hasil analisis memperoleh nilai 0,91 dan angka tersebut berada pada daerah 0,80 - 0,100. Sedangkan antara kedua variabel tersebut sebesar 59% yang mempunyai arti bahwa penerapan pendekatan saintifik dalam mata pelajaran Al-Qur'an Hadist memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Specific Detail Info
Image
Download PDF
atau gunakan fasilitas google search dengan memasukan kata kunci
PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADIST ; filetype:pdf
  Back To Previous