PENGARUH KEGIATAN KEAGAMAAN SHALAT DHUHA TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS XI MIA MADRASAH ALIYAH NAHDATUL ULAMA KOTA TASIKMALAYA

Collection Location Perpustakaan STAI Tasikmalaya Contact Detail
Edition
Call Number E-052
ISBN/ISSN
Author(s) TETI KURNIA
Subject(s) SKRIPSI PAI
Classification
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher STAI
Publishing Year 2017
Publishing Place Tasikmalaya
Collation
Abstract/Notes Judul penelitian ini adalah Pengaruh Kegiatan Keagamaan Sholat Dhuha terhadap Kedisiplinan Siswa Madrasah Aliyah Nahdatul Ulama Kota Tasikmalaya Kelas XI MIA. Isu yang muncul dalam penelitian ini adalah rendahnya kedisiplinan siswa Madrasah Aliyah Nahdatul Ulama Kota Tasikmalaya, terutama dalam hal disiplin waktu. Hal tersebut diduga akibat dari proses kegiatan keagamaan sholat dhuha yang seharusnya diikuti oleh seluruh siswa. Berangkat dari hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Kegiatan Keagamaan Sholat Dhuha terhadap Kedisiplinan Siswa Madrasah Aliyah Nahdatul Ulama Kota Tasikmalaya Kelas XI MIA.
Adapun hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah besarnya pengaruh Kegiatan Keagamaan Sholat Dhuha terhadap Kedisiplinan Siswa Madrasah Aliyah Nahdatul Ulama Kota Tasikmalaya kelas XI MIA ditentukan oleh indikator kegiatan keagamaan sholat dhuha.
Untuk menjawab permasalahan tersebut, penulis mengunakan metode penelitian explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Berdasarkan teknik sampling tersebut, maka responden dalam penelitian ini adalah siswa siswi Madrasah Aliyah Nahdatul Ulama Kota Tasikmalaya Kelas XII MIA sebanyak 23 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan dan studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara dan angket. Untuk mengolah data angket, penulis menggunakan skala likert yang mempunyai gradasi dari sangat positif sampai sangat negatif dengan memberikan nilai jawaban yang terbagi ke dalam 3 kategori. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan regresi linear sederhana dengan bantuan software SPSS for Windows.
Berdasarkan hasil angket yang disebarkan kepada responden dan dilanjutkan dengan menganalisa data yang diperoleh, maka hasilnya menunjukkan bahwa kegiatan keagamaan sholat dhuha berpengaruh signifikan terhadap kedisiplinan siswa sebesar 77,1% dan sisanya 22,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Specific Detail Info
Image
Download PDF
atau gunakan fasilitas google search dengan memasukan kata kunci
PENGARUH KEGIATAN KEAGAMAAN SHALAT DHUHA TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS XI MIA MADRASAH ALIYAH NAHDATUL ULAMA KOTA TASIKMALAYA ; filetype:pdf
  Back To Previous