KONSEP GURU YANG IKHLAS DALAM MENGAJAR MENURUT IMAM AL-GHAZALI

Collection Location Perpustakaan STAI Tasikmalaya Contact Detail
Edition
Call Number C-302
ISBN/ISSN
Author(s) DORIS
Subject(s)
Classification
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher STAI Tasikmalaya
Publishing Year 2016
Publishing Place Tasikmalaya
Collation
Abstract/Notes "Konsep Guru Yang Ikhlas Dalam Mengajar Menurut Imam Al-Ghazali"

Penelitian ini merupakan studi kepustakaan (library Reseach) dengan menggunakan metode penelitian deskriptif, dari keseluruhan data yang terkumpul kemudian dianalisis yang bersifat kualitatif dengan menggunakan metode berikut, yaitu Metode Interpretasi dan Content Analysis. Dengan menggunakan metode Interpretasi ini peneliti akan menganalisis tentang guru yang ikhlas dalam mengajar

Adapun konsep guru yang ikhlas menurut Imam Al-Ghazali adalah seorang guru yang senantiasa membersihkan hati dan memurnikan segala tujuan amal ibadahnya semata-mata hanya karena Allah SWT, yaitu untuk mendapatkan rida-Nya dan menjadikan ilmunya manfaat, bukan karena mencari harta, kedudukan dan pangkat. Ia menyatakan bahwa tujuan dari menuntut ilmu adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah. Ilmu tersebut akan sia-sia, kecuali apabila ilmu itu diamalkan. Sementara amal akan ditolak kecuali dengan ikhlas.

Menurut Imam Al-Ghazali, orang yang berprofesi sebagai guru sangat mulia, baik dihadapan Allaah maupun dihadapan para makhluk-Nya. Oleh karena itu, maka guru hendaknya ikhlas dalam mengamalkan ilmunya semata-mata untuk Allah SWT. Guru juga harus memenuhi berbagai persyaratan, seperti penguasaan ilmu, kepribadian dan akhlak yang mulia serta menyayangi muridnya dengan sepenuh hati. Pemikiran Imam Al-Ghazali berkaitan dengan guru yang ikhlas, dapat diterapkan pada masa sekarang ini, terutama sebagai bahan refleksi dan peringatan bagi para guru. Karena pada masa sekarang ini, banyak guru yang lupa akan kewajibannya, namun sangat keras dalam menuntut haknya. Namun demikian, Al-Ghazali tidak melarang adanya upah atau gaji atas pengajaran tersebut. Hal itu demi kesejahteraan hidup guru dan demi kelancaran proses belajar mengajar.
Specific Detail Info
Image
Download PDF
atau gunakan fasilitas google search dengan memasukan kata kunci
KONSEP GURU YANG IKHLAS DALAM MENGAJAR MENURUT IMAM AL-GHAZALI ; filetype:pdf
  Back To Previous