METODE TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMBCA AL-QUR'AN (Penelitian di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Sindangwargi Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya)

Collection Location Perpustakaan STAI Tasikmalaya Contact Detail
Edition
Call Number E-005
ISBN/ISSN
Author(s) Muhamad Muhajirin
Subject(s) SKRIPSI PAI
Classification
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher STAI
Publishing Year 2018
Publishing Place Tasikmalaya
Collation
Abstract/Notes Pendidikan Agama Islam adalah usaha sadar atau kegiatan yang disengaja dilakukan untuk membimbing sekaligus mengarahkan anak didik menuju terbentuknya pribadi yang utama (insan kamil) berdasarkan nilai-nilai yang bersumber pada Al-Qur'an dan al-hadist.Dewasa ini era globalisasi dan teknologi informasi yang sangat berkembang pesat sehingga secara tidak langsung berdampak kepada kebiasaan orang tua dalam mendidik anaknya lebih berprestasi dalam bidang akademik dibandingkan kemampuan membaca Al-Qur'an.Oleh sebab itu banyak sekali dijumpai anak-anak bahkan orang dewasa sekalipun,kemampuan membaca al-qurannya sangat rendah bahkan belum bisa mengucapkan bunyi-bunyi huruf hijaiyyah sesuai dengan tempat keluarnya huruf (makhrajnya). Salah satu metode alternatif yang dapat diterapkan untuk memberdayakan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran adalah metode "Tutor Sebaya". Metode ini dikembangkan berdasarkan asumsi bahwa siswa cenderung lebih terbuka dan lebih bisa mengungkapkan dirinya sendiri kepada teman-temannya.Semua kegembiraan,kegelisahan maupun kesulitan serta permasalahan yang dihadapi umumnya lebih banyak diungkapkan kepada teman-teman daripada kepada orang dewasa(Orang tua atau guru). Rumusan masalah sebagai berikut. 1) Bagaimana penerapan metode tutor sebaya dalam meningkatkan kemampuan siswa membaca Al-Qur'an di Madrasah Ibtidaiyah Sindangwargi 2) Berapa besar tingkat kemampuan siswa membaca Al-Qur'an setelah menggunakan metode tutor sebaya. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengethui penerapan metode tutor sebaya dalam meningkatkan kemampuan siswa membaca Al-Qur'an di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya 2) Untuk mengetahui berapa besar peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode tutor sebaya di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Sindangwargi Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya field research.Teknik pengambilan data melalui metode observasai,metode interview (wawancara) dan metode dokumentasi serta metode tes.Untuk menganalisa data digunakan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode tutor sebaya dalam meningkatkan kemampuan siswa membaca Al-Qur'an di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Sindangwargi Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya.Hal ini ditandai dengan meningkatnya kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur'an dibuktikan dengan nilai tes ketuntasan membaca al-qur'an,tes pertama mendapatkan nilai 37,03% dari 27 peserta didik yang tuntas 10 peserta didik,kemudian terjadi peningkatan nilai ketuntasan menjadi 92,59% pada tes ketuntasan II dari 27 peserta didik yang tuntas mencapai 25 peserta didik.Sehingga dapat diketahui bahwa penerapan metode tutor sebaya dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an.
Specific Detail Info
Image
Download PDF
atau gunakan fasilitas google search dengan memasukan kata kunci
METODE TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMBCA AL-QUR'AN (Penelitian di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Sindangwargi Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya) ; filetype:pdf
  Back To Previous