PEGARUH PERSEPSI DAN PEMAHAMAN MASYARAKAT TENTANG PERBANKA SYARIAH TERHAAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH

Collection Location Perpustakaan STAI Tasikmalaya Contact Detail
Edition
Call Number E-103
ISBN/ISSN
Author(s) Pipit Sulastri
Subject(s) Skripsi Eksyar
Classification
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher STAI
Publishing Year 2018
Publishing Place Tasikmalaya
Collation
Abstract/Notes Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi masyarakat dan pemahaman masyarakat tentang perbankan syariah secara simultan maupun persial terhadap minat menabung di Bank Syariah (studi kasus dusun Cikadongdong RT 01 RW 05 desa Sukahaji Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis). Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat dusun Cikadongdong RT 01 RW 05 desa Sukahaji Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis. Sampel yang diambil adalah sebanyak 88 orang responden. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan alat analisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi spss versi 16.0.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi sebagai berikut : Y = 1,028 + 0,248X1 +0,257X2. Berdasarkan analisis data statistik, indikator-indikator pada penelitin ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Pada uji hipotesis (uji t) variabel persepsi masyarakat tentang perbanka syariah t hitung = 2,283 dengan t tabel 1.662, dan variabel pemahaman masyarakat tentang perbankan syariah t hitung = 2,729 dengan dengan t tabel 1.662. Berdasarkan hasil dari uji hipotesis (uji t)kedua variabel tersebut berarti hipotesis 1 diterima artinya persepsi dan pemahaman masyarakat tentang perbankan syariah berpengaruh signifikat terhadap minat menabung di bank syariah,variabel tersebut menggunakan uji dua arah. Sedangkan pada uji f menunjukan bahwa variabel persepsi masyarakat dan pemahaman masyarakat tentang perbankan syariah secara simulatif berpengaruh positif dan signifikat terhadap minat menabung di bank syariah. Pada uji asumsi klasik,model regresi bebas multikolonieritas,tidak terjadi heteroskedastisitas,dan berdistribusi normal. Untuk uji koefisien determinasi diketahui R Square adalah 0,454% atau 45,4%,ini berarti variabel independen meliputi persepsi dan pemahaman masyarakat tentang perbankan syariah mempengaruhi minat menabung dibank syariah sebesar 45,4% sedangkan sisanya sebesar 54,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang diteliti dalam penelitian ini seperti pemahaman atas bagi hasil dan bunga.
Specific Detail Info
Image
Download PDF
atau gunakan fasilitas google search dengan memasukan kata kunci
PEGARUH PERSEPSI DAN PEMAHAMAN MASYARAKAT TENTANG PERBANKA SYARIAH TERHAAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH ; filetype:pdf
  Back To Previous