PERAN USTADZ TERHADAP PEMBINAAN KECERDASAN SPIRITUAL SANTRI DI PESANTREN ASH-SHOLEH BOJONG KAUM KOTA TASIKMALAYA

Collection Location Perpustakaan STAI Tasikmalaya Contact Detail
Edition
Call Number F 055
ISBN/ISSN
Author(s) DEDE NURHASANAH
Subject(s) SKRIPSI PAI
Classification
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher STAI Tasikmalaya
Publishing Year 2019
Publishing Place Tasikmalaya
Collation X, 60 hlm ; 20 x 30 cm
Abstract/Notes DEDE NURHASANAH. 15.01.200
Skripsis ini berjudul "PERAN USTADZ TERHADAP PEMBINAAN KECERDASAN SPIRITUAL SANTRI DI PESANTREN ASH-SHOLEH BOJONG KAUM KOTA TASIKMALAYA".
Ustadz merupakan orang yang memiliki kemampuan dan keahlian khusus mendidik, membimbing, membina, mengarahkan, menilai, mengevaluasi peserta didik. Masalah dalam penellitian ini, bagaimana peran ustadz dalam membina kecerdasan spiritual santri, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat para ustadz dalam membina kecerdasan spiritual santri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran ustadz terhadap pembinaan kecerdasan spiritual santri dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat apakah ustadz berperan dalam pembinaan kecerdasan spiritual santri ?
Penelitian in menggunakan metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik Sampling Purposive. Informan berjumlah 11 oranng. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara khusus ustadz berperan dalam membina kecerdasan spiritual santri Pondok pesantren Ash-Sholeh. Terdapat dua faktor dalam pembinaan tersebut, yaitu faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukunng yang sifatnya internal yaitu, fasilitas yang memadai, lingkungan yanng nyaman, dan organisasi yang berjalan sehingga membuat para ustadz berhasil membina dan membimbing santri. Selain itu ada dukungan yang bersifat eksternal yaitu, dukungan orang tua santri dan dukungan masayarakat.
Adapun faktor penghambat yang sifatnya internal, yaitu minimnya kesadaran serta keinginan santri dalam belajar, kurangnya keseriusan santri dalam menggapai program-program yang berlaku sehingga terjadinya hambatan bagi ustadz dalam membina santri. Faktor eksternal yaitu, lingkungan, oranng tua yanng tidak dapat memahami keadaan pesantren, sehingga faktor hubungan terjadinya perbedaan antara ustadz dengan oranng tua santri.
Kata Kunci : Ustadz, Kecerdasan Spiritual
Specific Detail Info
Image
Download PDF
atau gunakan fasilitas google search dengan memasukan kata kunci
PERAN USTADZ TERHADAP PEMBINAAN KECERDASAN SPIRITUAL SANTRI DI PESANTREN ASH-SHOLEH BOJONG KAUM KOTA TASIKMALAYA ; filetype:pdf
  Back To Previous