PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP ETIKA BERBUSANA MUSLIM (Penelitian Terhadap Siswa Kelas X SMK Husnul Khotimah Ds. Gunajaya Kec. Manonjaya Kab. Tasikmalaya)

Collection Location Perpustakaan STAI Tasikmalaya Contact Detail
Edition
Call Number F 052
ISBN/ISSN
Author(s) CECEP FUAD RIDWAN
Subject(s) SKRIPSI PAI
Classification
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher STAI Tasikmalaya
Publishing Year 2019
Publishing Place Tasikmalaya
Collation X, 92 hlm ; 30 x 20 cm
Abstract/Notes Cecep Fuad Ridwan, 2019 "PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP ETIKA BERBUSANA MUSLIM
(Penelitian Terhadap Siswa Kelas X SMK Husnul Khotimah Ds. Gunajaya Kec. Manonjaya Kab. Tasikmalaya)" Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama islam Tasikmalaya
Penelitian ini dilatar belakangi oleh realitas yang terjadi di SMK Husnul Khotimah bahwa masih banyak siswa yang kurang memperhatikan etika berbusana muslim terutama di lingkungan sekolah, seperti halnya siswi memakai kerudung yang tidak menutup daerah dada, siswa menggunakan celana ketat bahkan ada siswi yang memakai kerudung namun masih terlihat rambutnya, padahal mereka telah mendapatkan materi tentang etika berbusana muslim dalam pembelajaran PAI. dari fenomena di atas lah penulis merasa tertarik untuk meneliti bagaimana sebenarnya pengaruh pembelajaran PAI terhadap etika berbusana muslim siswa di kelas X SMK Husnul Khotimah Gunajaya Manonjaya Tasikmalaya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X SMK Husnul Khotimah, realitas etika berbusana muslim siswa kelas X SMK Husnul Khotimah, dan pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap etika berbusana muslim siswa di kelas X SMK Husnul Khotimah Gunajaya Manonjaya Tasikmalaya.
Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Teknik yang digunakan adalah teknik angket dan wawancara. penyebaran angket kepada 60 siswa sebagai sampel penelitian. Analisis data yang digunakan yaitu analaisis deskriptif, linier regresi dan korelasional.
Hasil penelitian ini adalah bahwa korelasi kedua variabel (Variabel X dan Y) mencapai : 0,8439 hasil tersebut diinterprestasikan termasuk dalam kriteria korelasi yang tinggi karana pada daerah interval 0,70-0,90. Adapun besar penngaruh variabel X (Pembelajaran Pendidikan Agama Islam) terhadap variabel Y (Etika Berbusana Muslim) di kelas X SMK Husnul Khotimah Tasikmalaya menacapai kisaran 45,74% dan 54,26% faktor lain yang mempengaruhi Etika berbusana Muslim Siswa kelas X SMK Husnul Khotimah Tasikmalaya.
Specific Detail Info
Image
Download PDF
atau gunakan fasilitas google search dengan memasukan kata kunci
PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP ETIKA BERBUSANA MUSLIM (Penelitian Terhadap Siswa Kelas X SMK Husnul Khotimah Ds. Gunajaya Kec. Manonjaya Kab. Tasikmalaya) ; filetype:pdf
  Back To Previous