PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VI DTA Nurul Amal Kp. Sukajaya RT 004 RW 006 Keluarahan Sukamajukidul Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya)

Collection Location Perpustakaan STAI Tasikmalaya Contact Detail
Edition
Call Number F 031
ISBN/ISSN
Author(s) CUCU RUSMIATI
Subject(s) SKRIPSI PAI
Classification
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher STAI Tasikmalaya
Publishing Year 2019
Publishing Place Tasikmalaya
Collation X, 57 hlm ; 20 x 30 cm
Abstract/Notes CUCU RUSMIATI, NIM:1501124: "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB
(Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VI DTA Nurul Amal Kp. Sukajaya RT 004 RW 006 Keluarahan Sukamajukidul Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya)".
Bahasa Arab sebagai bahasa asing (al-lughah al-ajnabiyyah) adalah bahasa yang lahir dilingkungan asing dan digunakan secara formal oleh orang asing. Model pembelajaran Role Playing adalah suatu cara penguasaan bahan-bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan siswa. pengembangan imajinasi dan penghayatan yang dilakukan siswa dengan memerankannya sebagai tokoh hidup atau benda mati. Permainan ini pada umumnya dilakukan lebih dari satu orang, hal itu bergantung kepada apa yang diperankan. Kondisi awal dari pembelajaran Bahasa Arab pada kelas VI di DTA Nurul Amal Kp. Sukajaya Kelurahan Sukamajukidul Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya adalah kurang terampilnya siswa dalam berbicara bahasa Arab dan metode pembelajaran yang digunakan cenderung monoton yaitu metode terjemah sehingga siswa menjadi pasif dan merasa bosan dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu hasil belajar mata pelajaran Bahasa Arab yang diperoleh siswa juga masih kurang dari nilai KKM. Jenis metode penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK). PTK yaitu suatu bagian dari penelitian tindakan yang dilakukan oleh guru kelas dan bertujuan untuk memprebaiki dan meningkatkan kualitas dan kuantitas proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VI di DTA Nurul Amal Kp. Sukajaya Kelurahan Sukamajukidul Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2018/2019. Pada bulan November 2018 sampai dengan bulan Mei 2019. Subjek yang melakukan tindakan adalah peneliti sendiri dan subjek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VI DTA Nurul Amal Kp. Sukajaya Kelurahan Sukamajukidul Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi dan tes. Indikator kinerja dalam penelitian ini adalah 70. Penelitian ini dilakukan dengan 2 tahap, yaitu siklus I dan siklus II. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis interaktif yang langkah-langkahnya sebagai berikut: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Penggunaan model pembalajaran Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran bahasa Arab pada siswa kelas VI di DTA Nurul Amal Kp. Sukajaya Kelurahan Sukamajukidul Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini terlihat dari 12 siswa pada saat sebelum mennggunakan model pembelajaran Role Playing yang nilainya di atas KKM sebanyak 4 siswa atau 34%, namun setelah menggunakan model pembelajaran Role Playingn pada siklu I siswa yang mendapat nilai di atas KKM sebanyak 10 siswa atau 84%. Nilai rata-rata kelas meningkat dari sebelum menggunakan model pembelajaran Role Playing sebesar 66,5 pada siklus I menjadi 68,5 dan pada siklus II menjadi 76.
Kata Kunci : Bahasa Arab, Model Pembelajaran Role Playing, Hasil Belajar
Specific Detail Info
Image
Download PDF
atau gunakan fasilitas google search dengan memasukan kata kunci
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VI DTA Nurul Amal Kp. Sukajaya RT 004 RW 006 Keluarahan Sukamajukidul Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya) ; filetype:pdf
  Back To Previous