MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI ARITMETIKA SOSIAL DENGAN MENNGGUNAKAN METODE SIMULASI PADA SISWA KELAS III MIS CIMERAK

Collection Location Perpustakaan STAI Tasikmalaya Contact Detail
Edition
Call Number F. 068
ISBN/ISSN
Author(s) IIM HALIMAH
Subject(s) SKRIPSI PGMI
Classification
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher STAI Tasikmalaya
Publishing Year 2019
Publishing Place Tasikmalaya
Collation X, 58 hlm ; 20 x 30 cm
Abstract/Notes IIM HALIMAH. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI ARITMETIKA SOSIAL DENGAN MENNGGUNAKAN METODE SIMULASI PADA SISWA KELAS III MIS CIMERAK KECAMATAN PURBARATU KOTA TASIKMALAYA
Penelitian ini mengupayakan peningkatan hasil belajar, aktivitas siswa dalam menyelesaikan soal aritmetika sosial pokok bahasan uang dan kegiatan guru dalam proses belajar menajar dengan menggunakan metode simulasi pada siswa kelas III MIS Cimerak Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya.
Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian tindakan kelas yanng dilaksanakan dalam 2 siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dengan menyajikan materi aritmatika sosial pokok bahasan uang melalui metode simulasi, memberikan hasil belajar dan mengamati proses belajar mengajar yang dilakukan guru dengan melibatkan observer yiatu teman sejawat dan peneliti. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, sedangkan observasi untuk mengetahui aktivitas siswa serta kegiatan guru dalam proses belajar mengajar. Subjek penelitian berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 13 laki-laki dan 14 perempuan.
Metode pembelajaran simulasi merupakan salah satu metode pembelajaran, dimana dalam metode ini siswa memperagakan sesuatu bentuk tiruan yang mirip dengan keadaan sesungguhnya. Adapun simulasi yang digunakan dalam siklus I adalah simulasi pertukaran uang dan pada siklus II simulasi transaksi jual beli.
Kriteria kinerja dalam penelitian ini yaitu 80% dari sleuruh siswa kelas III telah mencapai atau melebihi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 60 dan nilai rata-rata siswa > 75.
Hasil penelitian menunjukkan pada kondisi awal siswa yang nilainya memenuhi KKM terdapat 7 siswa (35%) dan yang belum memenuhi KKM 18 siswa (65%) nilai rata-rata 49,75. Siklus I menerapkan metode simulasi terjadi peningkatan signifikan yaitu terdapat 20 siswa (70%) memenuhi KKM dan 8 siswa (30%) belum memenuhi KKM yang ditetapkan dan nilai rata-rata siswa 70. Kemudian pada siklus II terjadi peninvgkatan sangat signifikan yaitu 24 siswa (90%) tuntas atau memenuhi KKM 60 dan telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu 80% siswa tuntas sedangkan 3 siswa (90%) masih belum tuntas dalam pembelajaran serta nilai rata-rata yang diperoleh siswa 75.
Disimpulkan bahwa penerapan metode simulasi pada pembelajaran Matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III Semester II MIS Cimerak Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya Semester II Tahun Pelajaran 2018/2019.
Kata Kunci : Metode Simulasi, Hasil belajar Siswa
Specific Detail Info
Image
Download PDF
atau gunakan fasilitas google search dengan memasukan kata kunci
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI ARITMETIKA SOSIAL DENGAN MENNGGUNAKAN METODE SIMULASI PADA SISWA KELAS III MIS CIMERAK ; filetype:pdf
  Back To Previous