PENERAPAN METODE DISKUSI DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI (Penlitian di SMP Islam Darul Hikmah Cieceng Cikatomas Kabupaten Tasikmalaya)

Collection Location Perpustakaan STAI Tasikmalaya Contact Detail
Edition
Call Number F. 102
ISBN/ISSN
Author(s) SAEP NURHIDAYAT
Subject(s) SKRIPSI PAI
Classification
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher STAI Tasikmalaya
Publishing Year 2019
Publishing Place Tasikmalaya
Collation X, 80 hlm ; 20x30 cm
Abstract/Notes PENERAPAN METODE DISKUSI DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI
(Penlitian di SMP Islam Darul Hikmah Cieceng Cikatomas Kabupaten Tasikmalaya)
Metode diskusi adalah satu cara penyajian pelajaran dengan cara menghadapkan peserta didik pada suatu masalah yang dapat dibentuk pertanyaan yang bersifat problematis untuk dibahas dan dipecahkan bersama. Tujuan utama dari metode diskusi adalah untuk memecahkan suatu permasalahan, menjawab pertanyaan, menambah dan memahami pengetahuan peserta didik, serta membuat keputusan.
Permasalahan yang dikaji adalah konsep belajar menggunakan metode diskusi, pengaruh penerapan metode diskusi terhadap peningkatan pengetahuan siswa pada mata pelajaran PAI.
Oendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Adapun metode yang digunakan penelitian korelasional. Teknik korelasi yang digunakan adalah teknik korelasi product moment, yaitu teknik untuk mencari korelasi antar dua variabel. Yang dalam penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan metode diskusi terhadap pengetahuan siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan penerapan metode diskusi di kelas VIII sudah cukup baik yaitu jika diprosentase 60% siswa mengikuti atau antusias mengikuti pembelajara dengan menggunakan metode diskusi. Menurut hasil analisa regresi linier sederhana menunjukkan bahwa metode diskusi memilki thitung (1.635) > dari rtabel (0,103) hal ini menunjukkan adanya pengaruh antara penerapan metode diskusi terhadap peningkatan pengetahuan siswa kelas VIII SMP Islam Darul Hikmah Cieceng. Pengaruh penerapan metode diskusi adalah 10,1% sedangkan sisanya sebesar 89,9% dipengaruhi oleh variabel atau faktor lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci : Metode diskusi, PAI, Darul Hikmah Cieceng
Specific Detail Info
Image
Download PDF
atau gunakan fasilitas google search dengan memasukan kata kunci
PENERAPAN METODE DISKUSI DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI (Penlitian di SMP Islam Darul Hikmah Cieceng Cikatomas Kabupaten Tasikmalaya) ; filetype:pdf
  Back To Previous