PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP (Penelitian Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Cikoneng Kabupaten Ciamis)

Collection Location Perpustakaan STAI Tasikmalaya Contact Detail
Edition
Call Number F. 101
ISBN/ISSN
Author(s)
Subject(s)
Classification
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher STAI Tasikmalaya
Publishing Year 2019
Publishing Place Tasikmalaya
Collation X, 87 hlm ; 20 x 30 cm
Abstract/Notes PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP
(Penelitian Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Cikoneng Kabupaten Ciamis)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penagruh positif penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match terhadap hasil belajar PAI siswa. Berdasarkan hasil obesrvasi serta wawancara dilakukan peneliti di SMP Negeri 2 Cikoneng diperoleh informasi bahwa proses pembelajaran belum efektif, siswa cenderung bermain dalam kegiatan pembelajaran sehingga proses pembelajaran kurang kondusif. Hal ini mengakibatkan siswa kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru. Salah satu penyebab pembelajaran kurang efektif ini karena dalam proses pembelajaran terlihat guru yang menjadi pusat pembelajaran (teacher centered). Akibat permasalahan ini berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain posttest only desain. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas VII SMP negeri 2 Cikoneng. Terpilih sampel secara acak dua kelas, kelas VII E sebagai kelompok eksperimen yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dan kelas VII B sebagai kelompok kontrol yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran langsung. Insrumen yang digunakan berupa soal tes uraian hasil belajar PAI, dan angket. Data dalam penelitian ini diperoleh dari skor tes uraian hasil belajar skor angket yang dilakukan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. teknik analisis data yang digunakan untuk mengkaji hipotesis adalah uji perbedaan rata-rata dengan taraf signifikansi 1%. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan data, analilsis data, dan pengujian hipotesis maka dapat kesimpulan penerapan model kooperatif tipe make a match mengacu kepada langkah-langkahnya yang meliputi (a) kegiatan guru, (b) kegiatan siswa, (c) proses kegiatan berdasarkan indikator langkah-langkah penerapan model pembelajaran koperatif tipe make a match diperoleh informasi bahwa pelaksanaan model ini telah berjalan dengan baik. Ada pengaruh positif penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar PAI siswa. Hal ini sesuai dengan pengujian hipotesis diperoleh t hitung = 2,54 dan t tabel = 2,39 ternyata thitung = 2,54>ttabel = 2,39. Berdasarkan hasil pengolahan indikator variabel sikap siswa (variabel y) diperoleh angka rata-rata sebanyak 3,83. Artinya sikap siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match adalah positif.
Kata Kunci : Penerapan, Model Kooperatif tipe make a match, Hasil belajar
Specific Detail Info
Image
Download PDF
atau gunakan fasilitas google search dengan memasukan kata kunci
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP (Penelitian Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Cikoneng Kabupaten Ciamis) ; filetype:pdf
  Back To Previous