PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADITS (Penelitian di MTs. Al-Khoeriyah Ciherang Jl. KH. Khoer Affandi kelurahan Ciherang Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya)

Collection Location Perpustakaan STAI Tasikmalaya Contact Detail
Edition
Call Number F 049
ISBN/ISSN
Author(s) HANAFI MUBAROK
Subject(s) SKRIPSI PAI
Classification
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher STAI Tasikmalaya
Publishing Year 2019
Publishing Place Tasikmalaya
Collation X, 75 hlm ; 20 x 30 cm
Abstract/Notes HANAFI MUBAROK
PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADITS
Bersamaan dengan penerapan kurikulum 2013, pemerintah mewajibkan pendekatan yang harus diterapkan di sekolah-sekolah yang menerapkan kurikulum 2013 yaitu pendekatan saintifik atau pendekatan ilmiah. Hal ini sesuai dengan Permendikbud nomor 65 tahun 2013 tentang Standar Proses pendidikan Dasar dan Menengah telah mengisyaratkan tentang perlunya proses pembelajaran yang dipandu dengan pendekatan kaidah-kaidah pendekatan saintifik/ilmiah. Oleh karena itu maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits di MTs. Al-Khoeriyah Ciherang Cibeureum Kota Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran sintifik pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa kelas VIII di MTs. Al-Khoeriyah Ciherang. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Untuk mendapatkan data yang akan diteliti, peneliti mengambil data dari populasi kelas VIII yang berjumlah 233 siswa dengan sampel berjumlah 45 siswa. Adapun metode yang digunakan adalah Angket kemudian hasilnya dianalisis dengan product moment. Dari hasil analisis diketahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa terdapat hubungan yang sedang, korelasi diperoleh rxy 0,460>0,301. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa adanya hubungan positif dan tergolong dalam kategori memiliki pengaruh yang sedang antara variabel pendekatan saintifik (X) terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa (Y). Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah : 1) bahwa informasi bisa berasal dari mana saja dan tidak bergantung pada informasi searah dari guru; 2) kemampuan berfikir kreatif siswa pada pelajaran Al-Qur'an Hadits kelas VIII di MTs. Al-Khoeriyah Ciherang pada umumnya ada dalam kategori sedang; dan 3) Pendekatan saintifik memiliki pengaruh yang sedang terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits kelas VIII di MTs. Al-Khoeriyah Ciherang.
Kata Kunci : pendekatan Saintifik, Berfikir Kreatif, Al-Qur'an Hadits
(Penelitian di MTs. Al-Khoeriyah Ciherang Jl. KH. Khoer Affandi kelurahan Ciherang Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya)
Specific Detail Info
Image
Download PDF
atau gunakan fasilitas google search dengan memasukan kata kunci
PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADITS (Penelitian di MTs. Al-Khoeriyah Ciherang Jl. KH. Khoer Affandi kelurahan Ciherang Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya) ; filetype:pdf
  Back To Previous