IMPLEMENTASI NILAI-NILAI TAFAHUM DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR'AN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (Analisis Deskiptif di SD Tahfidz Mathlaul Ihsan Tamansari Kota Tasikmalaya)

Collection Location Perpustakaan STAI Tasikmalaya Contact Detail
Edition
Call Number F 002
ISBN/ISSN
Author(s) JOHAR MA'MUN
Subject(s) SKRIPSI PAI
Classification
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher STAI Tasikmalaya
Publishing Year 2019
Publishing Place Tasikmalaya
Collation X, 95 hlm; 20 x 30
Abstract/Notes IMPLEMENTASI NILAI-NILAI TAFAHUM DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR'AN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD TAHFIDZ MATHLAUL IHSAN TAMANSARI KOTA TASIKMALAYA
Pengertian implementasi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) yaitu pelaksanaan/penerapan. Sedangkan pengertian umum adalah suatu tindakan atau pelaksanaan rencana yang telah disusun secara cermat dan rinci (matang). Nilai merupakan suatu bentuk penghargaan serta keadaan yang bermanfaat bagi manusia sebagai penentu dan acuan dalam melakukan suatu tindakan.
Implementasi nilai-nilai tafahum Al-Qur'an bisa berarti nilai untuk manusia sebagai pribadi yang utuh dalam memahami Al-Quran, misalnya kejujuran; nilai yang berhubungan dengan akhlak; nilai yang berkaitan dengan benar dan salah yang dianut oleh golongan atau masyarakat; keagamaan konsep mengenai penghargaan tinggi yang diberikan oleh warga masyarakat pada beberapa masalah pokok dalam kehidupan keagamaan.
Peneliltian ini bertujuan untuk mnegtahui nilai0nilai tafahum dalam pembelajaran tahfidzul qur'an, dan untuk mengetahui hasil implementasi nilai-nilai tafahum untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SD Tahfidz Mathaul Ihsan Kota Tasikmalaya.
Metoda yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik dan teknik pengumpulan data dipilih teknik observasi, teknik wawancara dan angket. Yang menjadi pupulasinya adalah guru-guru dan siswa-siswa di SD Tahfidz Mathaul Ihsan Kota Tasikmalaya yang berjumlah 84 siswa. Dan yanng menjadi sampel adalam penelitian ini adalah 30 orang.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa; Implementasi Nila-nilai Tafahum dalam pembelajaran Tahfidzul Quran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SD Tahfidz Mathaul Ihsan Kelas Empat Tamansari Kota Tasikmalaya Sangat berperan terhadap motivasi belajar siswa.
Kata Kunci : Nilai-nilai tafahum Al-Qur'an, Pembelajaran Tahfidzul Qur'an, Motivasi belajar
Specific Detail Info
Image
Download PDF
atau gunakan fasilitas google search dengan memasukan kata kunci
IMPLEMENTASI NILAI-NILAI TAFAHUM DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR'AN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (Analisis Deskiptif di SD Tahfidz Mathlaul Ihsan Tamansari Kota Tasikmalaya) ; filetype:pdf
  Back To Previous