ALIH FUNGSI TANAH WAKAF BEKAS MASJID MENJADI MADRASAH (Pendapat Ulama Desa Sari Manggu Kecamatan Karangnunggal)

Collection Location Perpustakaan STAI Tasikmalaya Contact Detail
Edition
Call Number F. 083
ISBN/ISSN
Author(s) NUR MUHAMMAD RAFSANJANI ISLAMI
Subject(s) SKRIPSI PGMI
Classification
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher STAI Tasikmalaya
Publishing Year 2019
Publishing Place Tasikmalaya
Collation X, 48 hlm ; 20 x 30 cm
Abstract/Notes Fungsi tanah yang diperuntukan untuk kepentingan umum adalah tanah wakaf yang diwakafkan oleh wakif kepada nazhir yang akan dipergunakan untuk sarana sosial atau keagamaan di dalam masyarakat. Makaw merupakan salah satu tuntunan ajaran Islam yang menyangkut kehidupan bermasyarakat dalam rangka ibadah Ijtima'iyah (ibadah sosial). Karena wakaf adalah ibadah, maka tujuan utamanya adalah pengabdian kepada Allah SWT dan ikhlas karena mencari ridha-Nya.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif (Descriptif research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu suatu pendekatan yang dilakukan untuk memahami makna maupun proses dari objek penelitian, karena itu untuk memperoleh data yang akurat peneliti akan langsung terjun ke lapangan dan memposisikan diri sebagai instrumen penelitian yang menjadi salah satu ciri dari penelitian kualitatif. Sehingga nantinya dapat diperoleh data-data berupa informasi-informasi yang tidak perlu untuk dikuatifikasikan seperti yanng dilakukan dalam penelitian kuantitatif. Dari pernyataan diatas, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di Desa Sari Manggu Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya, untuk mengetahui tingkat pemahaman para tokoh agama serta penerapan peneglolaan terhadap perubahan penggunaan di tanah wakaf yang ada di Desa Sari Manggu Kecamatan Karangnunggal.
Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah : 1. Bahwa penggunaan tanah wakaf bekas masjid pada saat ini sudah menjadi madrasah dan madrasah tersebut sudah digunakan oleh anak-anak di Desa Sari Manggu untuk kegiatan keagamaan, 2. Memahami tentang penggunaan tanah wakaf bekas masjid, para tokoh agama Desa Sari Manggu mempunyai corak pemikiran yang sama. Mengenai penggunaan tanah wakaf bekas masjid mengalami perubahan yang awalnya masjid, sekarang sudah dibangun madarasah. Alasan tanah wakaf bekas masjid dijadikan madrasah yitu karena di Desa Sari Manggu memerlukan madarasah untuk kegiatan agama masyarakat disana.
Kata Kunci : Alih Fungsi, Wakaf, Madrasah
Specific Detail Info
Image
Download PDF
atau gunakan fasilitas google search dengan memasukan kata kunci
ALIH FUNGSI TANAH WAKAF BEKAS MASJID MENJADI MADRASAH (Pendapat Ulama Desa Sari Manggu Kecamatan Karangnunggal) ; filetype:pdf
  Back To Previous