UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN PKN MATERI MENGENAL SISTEM PEMERINTAHAN TINGKAT PUSAT (Penelitian Tindakan kelas di Kelas IV MI Riyadul 'Ulum Kota Tasikmalaya)

Collection Location Perpustakaan STAI Tasikmalaya Contact Detail
Edition
Call Number F. 073
ISBN/ISSN
Author(s) ABDUL ROJAK
Subject(s) SKRIPSI PGMI
Classification
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher STAI Tasikmalaya
Publishing Year 2019
Publishing Place Tasikmalaya
Collation X, 142 hlm ; 20 x 30 cm
Abstract/Notes ABDUL ROJAK.
UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN PKN MATERI MENGENAL SISTEM PEMERINTAHAN TINGKAT PUSAT
(Penelitian Tindakan kelas di Kelas IV MI Riyadul 'Ulum Kota Tasikmalaya)
Latar belakang penelitian ini adalah adanya kenyataan dalam pembelajaran PKn yang mununjukan rendahnya pemahaman konsep siswa pada materi yang diajarkan. Pokok masalah dalam penelitian ini dipusatkan pada : Bagaimana Pemahaman Konsep sebelum siklus ? Bagaimana Proses Penerapan Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa ? Bagaimana pemahaman konsep siswa pada setiap siklus ?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang : (1) Pemahaman konsep siswa kelas IV MI Riaydul 'Ulum pada mata pelajaran PKn materi mengenal Sistem Pemerintahan Tingkat Pusat sebelum siklus, (2) Penerapan Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa kelas IV MI Riaydul 'Ulum melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw materi mengenal Sistem Pemerintahan Tingkat Pusat, (3) Peningkatan pemahaman konsep siswa Kelas IV MI Riaydul 'Ulum mata pelajaran PKn melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw materi mengenal Sistem Pemerintahan Tingkat pada Pusat pada setiap siklus.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dan pengamatan dalam bentuk penelitian tindakan kelas (Class Room Action Research). Adapun untuk mengumpulkan datanya menggunakan beberapa teknik, yaitu teknik observasi, dan test. Penelitian dilaksanakan melalui dua siklus, masing-masing siklus meliputi empat tahap langkah pokok yaitu Perencanaan (planing), Tindakan (Action), Pengamatan (Observasing) dan Refleksi (Reflectinng) yang dilakukan secara berulang dan berkelanjutan hingga target penelitian tercapai.
Simpulan penelitian ini adalah pemahaman konsep siswa prasiklus memperoleh rata-rata 61,67% (cuku). penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran PKn melalui lima tahap. Hasil pengukuran pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran PKn untuk setiap siklus, prasiklus sebesar 61,67 (cukup), Siklus I sebesar 65,00 (cukup), dan siklus II sebesar 74,63 (baik). Adapun peningkatan nilai rata-rata untuk setiap siklusnya adalah : dari prasiklus ke siklus I sebesar 3,33%, dan siklus II ke siklus III sebesar 9,63%. Dengan demikian jelaslah bahwa dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ini dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran PKn, dan hal ini berarti hipoteis diterima.
Specific Detail Info
Image
Download PDF
atau gunakan fasilitas google search dengan memasukan kata kunci
UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN PKN MATERI MENGENAL SISTEM PEMERINTAHAN TINGKAT PUSAT (Penelitian Tindakan kelas di Kelas IV MI Riyadul 'Ulum Kota Tasikmalaya) ; filetype:pdf
  Back To Previous