KELUARGA SEBAGAI PEMBANGUN UTAMA PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK (KAJIAN HADITS RIWAYAT MUSLIM TENTANG TEORI FITRAH)

Collection Location Perpustakaan STAI Tasikmalaya Contact Detail
Edition
Call Number G054
ISBN/ISSN
Author(s) Latifah Fauziyyah
Subject(s) SKRIPSI PAI
Classification
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher STAI Tasikmalaya
Publishing Year 2020
Publishing Place Tasikmalaya
Collation ill,21,5 x 30cm;72Hlm
Abstract/Notes Latifah Fauziyyah.1401207.KELUARGA SEBAGAI PEMBANGUN UTAMA PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK (KAJIAN HADITS RIWAYAT MUSLIM TENTANG TEORI FITRAH)

Skripsi ini membahas peran keluarga sebagai pembangun utama pendidikan karakter pada anak yang dikaji dari hadits Nabi Muhammad SAW.Tentang teori fitrah.Kajian penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya anak yang tumbuh dan berkembang tidak sesuai dengan fitrah yang dibawanya sejak lahir.Hal ini bisa terjadi dikarenakan kurangnya pendidikan keluarga dalam membekalinya dengan menanamkan akhlak islam kepada anak.Kajian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Apa yang dimaksud dengan fitrah dalam pendidikan keluarga terutama pada pendidikabn karakter anak?(2) Bagaimana gambaran hadits tentang fitrah pada kitab Syarah Shahih Muslim? (3) Bagaimana implikasi fitrah dalam pendidikan keluarga pada karakter anak? Permasalahan tersebut dikaji dengan menggunakan metode kepustakaan (library research) dengan mengumpulkan data dari sumbernya yaitu kitab hadits dan syarah-nya, serta buku-buku tentang fitrah,Pendidikan Keluarga,dan Karakter.Dari pengumpulan data tersebut,kemudian dilakukan suatu analisis.Hasil dari kajian ini menunjukan bahwa fitrah merupakan bentuk potensi yang telah dianugerahkan oleh Allah kepada manusia semenjak kejadiannya.Fitrah itu perlu dikembangkan melalui pendidikan keluarga dengan dibekali akhlak islam,supaya dapat menuntun kehidupan anak selanjutnya. Hadits tentang fitrah dilihat dari segi kualitas sanad dan matannya berkualitas shahih,dengan demikian dapat dijadikan sebagai hujah. Fitrah yang dianugerahkan Allah kepada manusia memiliki berbagai komponen dengan dilengkapi alat-alat fitrah,sehingga dengan itu dapat dikembangkan melalui pendidikan,terutama pendidikan keluarga. Pendidikan keluarga berperan dalam mengenalkan fitrah anak untuk mengenal Allah,syariat,dan beriman kepada-Nya dapat diwujudkan salah satunya dengan diajarkan akhlak islam,sehingga anak tumbuh dan berkembang memiliki kepribadian yang islami,beriman dan abertakwa kepada Allah sesuai dengan fitrahnya.
Kata kuci: Fitrah,pendidikan keluarga,dan karakter
Specific Detail Info
Image
Download PDF
atau gunakan fasilitas google search dengan memasukan kata kunci
KELUARGA SEBAGAI PEMBANGUN UTAMA PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK (KAJIAN HADITS RIWAYAT MUSLIM TENTANG TEORI FITRAH) ; filetype:pdf
  Back To Previous